Berita Terpilih

Revolusi TIK Dari Kota Batik Pekalongan

Tue, 04/14/2015 - 17:18 -- nofrilawati

By : Teknopreneur Indonesia

Rencana Pita Lebar Indonesia atau Indonesia Bradband Plan (IBP) sebagai landasan pembangunan TIK Nasional, telah mengamanatkan bahwa implementasi dan penyebaran produk dan layanan broadband yang bermanfaat luas adalah salah satu prioritas saat ini.

Indonesia Bradband Plan (IBP) juga bertujuan untuk membangun broadband sebagai landasan atau platform bagi reformasi di bidang sosial dan ekonomi, dengan memanfaatkan TIK secara optimal. Kesuksesan IBP tidak dapat dengan mudah diperoleh. Oleh karena itu dibutuhkan segenap partisipasi dari setiap komponen dalam negara ini sampai segala level.

Demi peran serta dalam mengantisipasi tantangan tersebut, Dewan TIK Nasional (Detiknas) menginisiasi suatu tahap untuk uji pasar (test-market), guna merumuskan solusi inovatif yang mencakup lima domain (teknologi, kebijakan publik, manajemen, keuangan dan etika). Kelima domain tersebut saling berinteraksi secara sinergis untuk menghasilkan pemanfaatan TIK yang optimal.

Detiknas berencana untuk melakukan pilot project pada Kota dan Kabupaten yang dianggap siap untuk mengimplementasikan TIK sampai ke setiap unsur dalam ekosistemnya. Salah satu kota yang langsung masuk dalam kriteria adalah kota Pekalongan. Pekalongan adalah salah satu yang terbaik dalam penerapan TIK disetiap lini kota.

Segala prestasi tersebut adalah hasil pemerintahan yang dikomandoi oleh walikota HM Basyir Ahmad. Walikota yang seorang dokter tersebut memiliki visi yang disertai konsistensi dalam membangun kota Pekalongan menjadi kota yang berkelas dunia.

Buku ini mencoba merekam jejak perjuangan HM Basyir Ahmad selama membangun TIK di Kota Pekalongan. Diharapkan buku ini dapat menginspirasi Kota serta Kabupaten lain dalam memformulasikan kebijakan dalam mengelola serta membangun daerah. Khususnya dalam pembangunan TIK yang revolusioner, demi mengantisipasi segala tantangan pembangunan.

Category: