Berita Terpilih

"Qbaca" Buku Digital 1001 Cerita Nusantara

Thu, 04/03/2014 - 14:05 -- nofrilawati

Setiap daerah di Indonesia memiliki cerita rakyat yang mulai punah. Untuk terus menjaga kekayaan cerita rakyat yang tersebar di seluruh provinsi Indonesia, PT Telkom Indonesia meluncurkan program 1001 Cerita Nusantara sebagai wujud kepedulian terhadap kekayaan budaya yang ada di Indonesia.

Dalam mendukung program tersebut disediakan wadah berupa ekosistem buku digital di Indonesia yang diberi nama Qbaca, kata Executive General Manager Division Solution Convergence PT Telkom Achmad Sugiarto, seperti dikutip dari Antara News.

Qbaca merupakan sebuah wadah bagi para penulis dan penerbit. Qbaca berupaya mengumpulkan 1001 Cerita Nusantara dalam bentuk buku digital yang dapat diakses siapa pun terutama masyarakat Indonesia, ujarnya.

Program ini penting karena menyelamatkan konten Nusantara dan menghimpunnya dalam bentuk digital berupa e-book yang ditayangkan di Qbaca dan dapat diakses dari Android, iOS maupun Windows Phone.

Konten ini nanti dapat digunakan sebagai konten pendidikan untuk anak-anak sekolah demi mengenalkan kekayaan khasanah budaya Indonesia dan dapat diakses kapan pun dan di mana pun, kata Achmad Sugiarto.

Foto : telkomsolution.com