Berita Terpilih

"Pushla" Aplikasi Inovatif Untuk Kegiatan Sosial

Fri, 05/15/2015 - 16:53 -- nofrilawati

Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) ciptakan aplikasi inovatif yang memungkinkan pengguna telepon seluler memberikan donasi melalui pulsa. Aplikasi karya tim dari Fakultas Ilmu Komputer UI tersebut diberi nama "Pushla".

Selama ini, orang yang menyumbang atau berdonasi untuk kegiatan sosial itu sedikit sekali, padahal kegiatan sosial tersebut bagus dan penting, kata Rafi Putra selaku salah satu penggagas "Pushla", dikutip dari Antara News.

Ide untuk membuat aplikasi ini muncul ketika Rafi magang di Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang merupakan tempat menyalurkan donasi bagi gerakan sosial. Ia menemukan permasalahan ada pada akses dan nominal donasi sehingga menghambat para donatur untuk berpartisipasi.

Para donatur kerap kesulitan menggunakan sistem "Automatic Teller Machine" (ATM) atau sistem registrasi di situs web saat memberikan donasi, ungkapnya.

Konsep yang diusung oleh tim yang beranggotakan Ginanjar Ibnu Solikhin, Luqman Sungkar, Laila Mauhibah, dan Katri Adiningtyas adalah kepraktisan dan kemudahan serta keleluasan jumlah nominal yang disumbangkan saat hendak berdonasi. Dengan aplikasi "Pushla", maka berdonasi dilakukan hanya dengan satu klik melalui telepon seluler.

"Pushla" merupakan sebuah aplikasi pulsa top-up berbasis HTML 5 dengan memanfaatkan Intel XDK. Pushla telah dapat diunduh masyarakat luas di Google Play sejak April 2015.

Kami akan terus mengembangkan aplikasi ini dengan menjalin kerja sama dengan berbagai lembaga sosial agar lebih banyak lagi program sosial yang masuk ke "Pushla". Dengan demikian, aplikasi "Pushla" dapat memberikan manfaat untuk banyak orang, ujar Rafi.

Foto : uiupdate.ui.ac.id