Berita Terpilih

Program 5.000 Doktor dari Kementerian Agama

Fri, 03/13/2015 - 13:24 -- nofrilawati

Kementerian Agama luncurkan portal program 5.000 Doktor sebagai bentuk untuk mendorong munculnya doktor-doktor islam yang diharapkan dapat menghidupkan kampus islam. Portal tersebut berfungsi sebagai pusat informasi bagi masyarakat yang ingin meraih beasiswa doktor baik di dalam maupun di luar negeri.

Dunia melihat Islam sudah semakin kaya akan nilai-nilai. Orang tidak melihat Islam dari Timur Tengah saja, tapi melihat Indonesia dan ini merupakan konsekuensi kita untuk serius memunculkan doktor Islam yang lebih baik lagi, kata Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, dikutip dari Antara News.

Portal tersebut akan menjadi sarana bagi para akademisi yang ingin melanjutkan studi S-3. Laman dapat diakses lewat link http://www.scholarship.kemenag.go.id, ungkapnya.

Jumlah doktor di perguruan tinggi Islam negeri, masih kurang yaitu sebanyak 1.803 orang atau 15,5 persen dari total dosen Islam negeri yang ada. Sementara untuk tingkat perguruan tinggi swasta, doktor baru 1.117 orang atau 5,8 persen dari dosen Islam swasta, ujar menag.

Sementara itu, Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag, Kamaruddin Amin mengatakan Program beasiswa ini bukan hanya untuk dosen negeri saja. Swasta bahkan juga teman-teman yang bukan dosen bisa termasuk laboran dan pustakawan. Maka mereka yang memenuhi kualifikasi harus manfaatkan ini. Mahasiswa yang mengambil program pendidikan Islam juga berpeluang.

Category: