Berita Terpilih

Printer Huruf Braille Inovasi ITS

Thu, 10/09/2014 - 16:39 -- nofrilawati

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) ciptakan mesin cetak (printer) dengan huruf Braille sebagai bentuk dukungan pendidikan inklusi yang masuk tahap komersial pada 2015.

Yang jelas, prototipe printer Braille itu masih menggunakan suku cadang setempat sebesar 80 persen dan 20 persen komponen dari China. Tahun depan sudah 100 persen dengan suku cadang dari dalam negeri, kata Juru Bicara tim ITS, Hendra Kusuma, dikutip dari Antara News.

Sejak November 2012, tim ITS mulai melakukan riset hingga akhirnya membuat prototipe printer Braille itu pada tahun ini. Kami juga sudah menerima pesanan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebanyak empat mesin cetak, katanya.

Selain harganya terjangkau dan mesinnya kompatibel dengan komputer terbaru, ia mengatakan fitur dari mesin cetak huruf Braille ini sendiri terletak pada kemampuan mencetak karakter normal Braille sebanyak 400 karakter per detik.

Kemampuan mencetak maksimum mencapai 42 karakter per baris. Tak hanya itu, mesin cetak ini pun bisa mencetak langsung pada dua sisi kertas atau double sided," katanya, didampingi tiga peneliti utama mesin itu, yaitu Ir Tasripan MT, Dr Tri Arief Sardjono MT, dan Rudy Dikairono ST MSc.

Sementara itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, M. Nuh mengatakan alat itu penting, karena pendidikan juga harus berpihak kepada saudara-saudara kita yang berkebutuhan khusus.

Foto : uccanirwana.wordpress.com