Berita Terpilih

Pola Asuh Dapat Pengaruhi Kecerdasan Anak

Mon, 11/02/2015 - 19:42 -- nofrilawati

Kecerdasan anak dapat dilatih sejak dini oleh orang tua melalui pola asuh yang tepat.

"Orang tua harus mengerti pola asuh yang baik dan mengetahui bagaimana mengembangkan kecerdasan anak," kata Deputi Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga (KSPK) BKKBN Sudibyo Alimoeso dikutip dari Antara News.

Selain itu, orang tua harus mengembangkan karakter anak, agar tumbuh menjadi anak yang berkepribadian baik dan kuat. "Caranya orang tua harus memberikan contoh, dengan menunjukkan karakter dan kebiasaan yang baik di depan anaknya, karena anak kerap meniru apa yang dilakukan orang tuanya," ungkapnya.

Saat ini, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) memiliki program Bina Keluarga Balita (BKB) yang juga ditujukan bagi para orang tua yang memiliki anak balita. Program ini bertujuan untuk menciptakan orang tua hebat yang dapat menciptakan anak-anak generasi emas.

"Sebagai orang tua hebat harus memahami fungsi sebuah keluarga," kata dia. Orang tua, perlu menerapkan delapan fungsi keluarga dalam kehidupan sehari-hari, ujarnya.

Delapan fungsi keluarga itu adalah fungsi keagamaan ,fungsi sosial budaya, fungsi cinta kasih yang diberikan dalam bentuk memberikan kasih sayang dan rasa aman, fungsi perlindungan, fungsi reproduksi berupa pemberian pemahaman mengenai keberlangsungan keturunan, fungsi sosialisasi dan pendidikan. Selain itu, fungsi ekonomi dan fungsi pembinaan lingkungan.

Foto : buahatiku.com

Category: