Berita Terpilih

Pinandrink, Minuman Sari Buah Nanas Subang

Wed, 11/04/2015 - 19:33 -- nofrilawati

Prihatin melihat harga jual nanas yang rendah serta banyaknya nanas yang terbuang dan tidak laku dipasaran membuat Andini Warih Wedaringtyas berinovasi menciptakan produk dari nanas.

Dari uji coba yang dilakukan, Andin berhasil menciptakan produk minuman dari nanas. Untuk mengembangkan produk minuman yang diberi nama Pinandrik tersebut, Andin memberdayakan ibu-ibu petani nanas di Desa Jabong Subang.

Dia memilih Subang sebagai tempat usaha pengembangan Pinandrik, karena daerah tersebut merupakan salah satu kota penghasil nanas di Indonesia.

Saat ini, Andin telah memperkerjakan sekitar 30 ibu rumah tangga yang merupakan istri petani nanas di daerah tersebut. Selain dapat memberikan pengetahuan membuat minuman dari nanas, ibu-ibu tersebut juga mendapat penghasilan tambahan dari pembuatan minuman tersebut.

Melalui inovasi minuman Pinandrink, alumnus Jurusan Biologi Institut Teknologi Bandung (ITB) tersebut berhasil mendapatkan modal usaha dari Bank Mandiri dalam acara Wirausaha Muda Mandiri 2012.

Foto : entrepreneur.bisnis.com

Category: