Berita Terpilih

Permen Antihiperkolesterol dari Kulit Pisang

Wed, 07/16/2014 - 16:23 -- nofrilawati

Kulit pisang bisa dijadikan permen untuk antihiperkolesterol, permen lembut ini merupakan inovasi mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya Malang.

Kulit pisang yang selama ini tidak termanfaatkan dengan baik, ternyata mampu menurunkan kolesterol dalam darah. Limbah kulit pisang ini kami buat seperti permen atau soft candy, ujar Ketua Tim Peneliti, Lukman Azis, dikutip dari Antara News.

Proses pengolahannya dimulai dengan meyortir kulit pisang, kemudian mengirisnya kecil-kecil dan mengukusnya selama 10 menit. Setelah itu kulit pisang dikeringkan dan dibuat tepung, tepung kulit pisang ini kemudian diekstraksi menggunakan metode ekstraksi padat-cair pada suhu 90 Celcius menggunakan pelarut asam untuk menghasilkan bahan dasar marshmallow.

Kemudian bahan tersebut dipanaskan dan dimurnikan dengan alcohol 70 persen dan 96 persen, yang selanjutnya dilakukan penyaringan untuk mendapatkan pektin. Hasil penelitian, dengan mengkonsumsi pektin dari kulit pisang selama dua minggu bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah hingga 52 persen.

Untuk pengolahan pektin dari kulit pisang menjadi Marshmallow, Lukman bekerjasama dengan rekannya Nisa Alfilasarida dan Clara Arha dengan bimbingan dosen mereka, Nur Ida Panca, dalam program Kreativitas Mahasiswa dan Penelitian.

Foto : berita.plasa.msn.com