Berita Terpilih

Peringati HUT Ke 209, Solo Gelar Konser Gamelan

Wed, 02/12/2014 - 19:43 -- nofrilawati

Indonesia memiliki banyak kesenian tradisional yang harus tetap dijaga kelestariannya. Seperti yang dilakukan komunitas kesenian peduli gamelan dengan menggelar sebuah konser akbar dalam rangka memeriahkan ulang tahun Kota Solo di Benteng Vestenburg, Solo pada Sabtu 15 Februari 2014.

Ya melalui situasi seperti ini kami yang tergabung dalam Komunitas Lestari Gamelan tergerak untuk membangkitkan kembali kesenian gamelan, kata Ketua Komunitas Lestari Gamelan, Begog Joko Winarso, seperti dikutip dari Antara News.

Pertunjukan ini akan menampilkan tanding gending antara dua composer kenamaan yang dimiliki Kota Solo, yaitu Blacius Subono dan Dedek Wahyudi.

Lewat konser ini penonton diajak menemukan kembali makna gamelan yang seolah-olah sudah tidak ada. Para apresiator juga diajak berziarah budaya untuk melihat pertunjukan dua composer besar ini, ujar Begog Joko Winarso.

Selain itu, Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo menyambut baik dengan digelarnya konser gamelan tersebut yang juga sekaligus dalam memeriahkan hari ulang tahun Kota Solo yang ke 209. Setelah konser ini ada kelanjutannya tidak hanya berhenti disini saja, katanya.

Foto : it.wikipedia.org

Category: