Berita Terpilih

Perhiasan Peninggalan Kerajaan Masa Lalu Mulai Diminati

Fri, 10/03/2014 - 19:28 -- nofrilawati

Selain mewarisi seni dan budaya kerajaan masa lalu juga meninggalkan warisan perhiasan yang dipakai para perempuan zaman kerajaan masa lalu. Model perhiasan di masa kerajaan tersebut kini mulai diminati.

Model perhiasan tradisional yang biasa dipakai para perempuan zaman kerajaan masa silam kini kembali diminati, kata kolektor perhiasan antik sejak tahun 80-an, Soel Djang Rono, saat mengikuti pameran Batik Warisan Budaya VII di Kementerian Perindustrian, dikutip dari Antara News.

Beragam perhiasan yang dipamerkan di stan milik Soel meliputi kalung, liontin, bros, giwang, anting, gelang, dan ikat pinggang yang terbuat dari perak dan emas. Bentuknya bermacam-macam, mulai dari bunga, binatang seperti kupu-kupu, ayam, kepiting dan lobster. Ukiran-ukiran rumit serta berlian juga menghiasi perhiasan yang harganya berkisar dari puluhan hingga ratusan juta rupiah.

Tetapi saya menjual perhiasan antik yang asli dari zaman kerajaan yang umurnya ratusan tahun. Ada perhiasan dari kerajaan Sriwijaya, Gowa, dari daerah Toraja, Solo, dan Makasar, ujarnya.

Menurut dia, peminat perhiasan antik tidaklah banyak, namun tetap ada. Pembelinya biasanya berasal dari kalangan kolektor.

Foto : galeripusakamegantoro.blogspot.com