Berita Terpilih

Peran Koperasi Dalam Ekonomi Daerah

Tue, 11/04/2014 - 19:06 -- nofrilawati

Koperasi berperan nyata dalam mengembangkan dan memberdayakan tata ekonomi daerah, yang berdasar atas asas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi, dalam rangka mewujudkan masyarakat sejahtera. Dengan demikian, koperasi diharapkan berperan dalam kemajuan ekonomi daerah, ini diungkapkan oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Untuk mencapai hal tersebut maka keseluruhan kegiatan koperasi harus diselenggarakan berdasarkan pada nilai dasar yang terkandung dalam Undang-undang dasar RI tahun 1945 serta nilai dan prinsisp koperasi, kata Sri Sultan Hamengku Buwono X, dikutip dari Antara News.

Data koperasi selama lima tahun terakhir baik dari aspek jumlah koperasi aktif maupun volume usaha, menunjukkan bahwa jumlah koperasi aktif di DIY mencapai rasio 79,74 persen dari total koperasi di DIY. Sementaraa itu dilihat dari volume usaha, terlihat adanya pertumbuhan volume usaha dalam kurun lima tahun terakir. Pada 2013 pertumbuhan volume usaha seluruh koperasi di DIY sebesar 0,7 persen dari Rp2,3 miliar menjadi Rp2,32 miliar, ujarnya.

Selain itu, kualitas kelembagaan koperasi harus terus ditingkatkan dan disiapkan untuk menghadapi Asean Economic Community (AEC) 2015.

Karena mobilitas arus barang, jasa, investasi, modal dan tenaga kerja akan bergerak bebas. Maka Gubernur DIY minta agar menyiapkan strategi khusus dalam menghadapi AEC 2015, termasuk juga lembaga koperasi.

Segala kegiatan usaha koperasi harus dikelola secara profesional, dalam arti adanya kemampuan dan tanggung jawab, efisiensi dan efektivitas yang dapat menjamin terwujudnya nilai tambah yang optimal bagi koperasi, serta tunduk kepada hukum ekonomi dan koperasi, katanya.

Foto : fokus-umkm.com

Category: