Berita Terpilih

Peran Industri Musik Dalam Perekonomian Nasional

Thu, 03/13/2014 - 11:39 -- nofrilawati

Industri musik ternyata memiliki peran dan efek pada aktivitas perekonomian nasional. Pangsa pasar industri musik terus mengalami peningkatan tiap tahun dan saat ini industri musik nasional telah menguasai 85 persen pangsa pasar dalam negeri.

Industri musik mempunyai peran yang cukup signifikan dalam perekonomian nasional, kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu, seperti dikutip dari Antara News.

Kontribusi sektor musik terhadap PDB (Produk Domestik Bruto) dalam tiga tahun terakhir mengalami pertumbuhan signifikan. Pada tahun 2010, kontribusi sektor tersebut terhadap PDB nominal sebesar Rp 3,9 triliun, naik menjadi Rp 5,2 triliun pada 2013 atau meningkat rata-rata 11 persen per tahun, ujar Mari.

Indonesia merupakan negara yang mempunyai potensi tidak terbatas untuk mengembangkan industry kreatifnya karena orang kreatif di Indonesia memiliki aset yang luar biasa, yaitu warisan budayanya yang tercermin dalam semua industri kreatif termasuk musik. Yang lebih penting lagi, efek ganda industri musik ini juga besar lewat penyelenggaraan pagelaran, festival, dan merchandise katanya.

Kemenparekraf terus mendorong terbentuknya sentra inovasi untuk industri kreatif di Indonesia supaya pelaku kreatif selalu meningkatkan dan mengembangkan potensi yang dimiliki secara optimal.

Selain itu, Direktur Jenderal Ekonomi Kreatif Berbasis Media, Desain, dan Iptek Kemenparekraf, Harry Waluyo mengatakan kami bekerja sama dengan berbagai pihak dan memfasilitasi agar sentra-sentra inovasi di Indonesia meningkat jumlahnya.

Foto : bisnis-jabar.com

Category: