Berita Terpilih

Pentingnya Kemampuan Literasi Sejak Dini

Thu, 11/06/2014 - 11:50 -- nofrilawati

Anak harus diperkenalkan keterampilan baca-tulis sejak dini, karena dalam budaya modern saat ini kemampuan membaca merupakan suatu hal yang penting.

Kemampuan literasi atau baca-tulis merupakan kemampuan yang penting dalam proses perkembangan anak sekolah, kata psikolog Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Lisnawati Ruhaena, dikutip dari Antara News.

Kemampuan membaca yang rendah diasosiasikan dengan rendahnya prestasi sekolah, kurangnya kemampuan literasi saat dewasa, serta meningkatnya masalah perilaku dan tingkat putus sekolah. Keyakinan literasi holistik orang tua, rutinitas keluarga, dan penggunaan teknologi multimedia ternyata tidak menjadi faktor penentu kemampuan literasi awal seorang anak, ujarnya.

Hasil penelitiannya juga menunjukkan bahwa pemahaman orang tua tentang cara pengembangan literasi awal anak sejak dini di rumah tergolong tinggi. Namun, pemahaman itu masih belum mendorong orang tua untuk melakukan aktivitas literasi yang kontekstual seperti bermain dan membaca buku, masih lebih banyak mengajar langsung, katanya.

Untuk itu, orang tua maupun pendidik diharapkan dapat lebih menekankan kepada anak bahwa membaca buku dan bermain terkait literasi perlu lebih dimanfaatkan sebagai aktivitas yang menyenangkan.

Hal itu penting dilakukan untuk mengembangkan literasi awal agar permasalahan kurangnya minat dan kebiasaan membaca dan menulis anak dapat diatasi, katanya.

Foto : tipsanak.com

Category: