Berita Terpilih

Penggunaan Teknologi Ramah Lingkungan Dalam Pendidikan

Mon, 08/18/2014 - 17:28 -- nofrilawati

Pendidikan terus alami kemajuan dengan penggunaan dan perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan. Namun, perkembangan teknologi ini harus sejalan atau selaras dengan pelestarian lingkungan, seperti penggunaan proyektor Casio Eco-Friendly Projector.

Penggunaan perangkat teknologi yang lebih berkualitas dan ramah lingkungan akan menekan banyak biaya, ujar Penasehat Khusus dan Hukum Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Dr. Taufikurrahman Saleh, dikutip dari Kompas.com.

Dia menyontohkan penyelarasan teknologi dan lingkungan, pada penyediaan proyektor Casio Eco-Friendly Projector karena tidak menggunakan lampu merkuri sehingga lebih menghemat biaya. Penghematan penggunaan listrik juga dapat ditekan lagi, apalagi di sektor pendidikan akan sangat membantu sekali penghematan ini, ujarnya.

Dengan keberadaan produk proyektor yang laras lingkungan, ini membantu siswa melihat langsung atau visualisasi dari semua mata pelajaran yang sedang mereka pelajari, katanya.

Selain itu, pakar pendidikan Prof Dody Nandika menilai teknologi ramah lingkungan menjadi fasilitas yang tak bisa ditawar lagi dewasa ini. Dengan konsep ramah lingkungan, keberlangsunagan lingkungan dan teknologi menjadi saling mendukung dan menjaga satu sama lain.

Hanya dengan konsep hijau atau pendidikan berwawasan lingkungan inilah kehidupan dan teknologi dapat bergandengan tangan, katanya.

Foto : chhuby.blogspot.com

Category: