Berita Terpilih

Pengaruh Penggunaan Gadget Pada Anak

Wed, 01/24/2018 - 16:34 -- nofrilawati

Melihat kondisi anak-anak saat ini yang sangat dekat dengan gadget atau gawai membuat Psikolog Jane Cindy meminta orang tua untuk mewaspadai dampak buruk gadget atau gawai bagi anak karena dapat mengganggu pertumbuhan dan perkembangannya.

"Gadget memiliki dampak yang dapat menyebabkan kecanduan, terutama bila anak terbiasa bermain dengan gadget. Anak akan terus menerus menggunakan gadget mereka dan perkembangan interaksi sosial menjadi terhambat," kata Cindy, seperti dikutip dari Antara News.

Selain perkembangan interaksi sosial menjadi terhambat, kesenangan yang didapat dari kecanduan gawai juga dapat membuat anak-anak menghindar dari tanggung jawab dan tugas mereka.

Kecanduan bermain gawai juga dapat mempengaruhi respon visual anak. Permainan yang ada di dalam gawai biasanya berupa rangsangan visual yang bergerak cepat. Anak akan terbiasa dengan ritme memperhatikan rangsangan visual yang bergerak cepat.

"Akibatnya, ketika mereka mendengarkan penjelasan guru di kelas dengan bentuk rangsangan visual yang tidak secepat gerakan visual pada permainan, mereka akan mudah merasa bosan,"ungkapnya.

Namun, gawai tidak selamanya memberikan dampak buruk. Penggunaan gawai juga dapat memberikan dampak baik, seperti memudahkan anak untuk mencari informasi atau pengetahuan.

"Pada anak usia sekolah, mereka dapat menggunakan gadget untuk mencari topik-topik yang sesuai dengan materi pelajaran di sekolah, selain untuk memudahkan komunikasi dengan orang tua dan anggota keluarga yang lain," ungkapnya.

Karena itu, Cindy menyarankan agar orang tua tidak memberikan gawai sama sekali pada anak usia di bawah dua tahun.

Sedangkan untuk anak usia tiga tahun sampai dengan delapan tahun, lebih baik orang tua mengarahkan anaknya untuk melakukan permainan yang banyak melibatkan motorik, persepsi visual spasial dan sensori.

Foto : jurnalweb.com

Category: