Berita Terpilih

Penetapan Kawasan Seribu Rumah Gadang Sebagai Cagar Budaya

Thu, 10/19/2017 - 14:39 -- nofrilawati

Penetapan kawasan seribu rumah gadang di Solok Selatan, Sumatera Barat sebagai cagar budaya merupakan tahapan pelestarian serta pengembangan daerah itu menjadi destinasi wisata kampung adat.

"Penetapan cagar budaya sudah kami tunggu-tunggu dari dulu. Ini upaya dalam melestarikan dan mengembangkan potensi rumah gadang agar bermanfaat secara ekonomi bagi masyarakat," Kata Bupati Solok Selatan, Muzni Zakaria, dikutip dari Antara News.

Pemerintah Kabupaten Solok Selatan siap bekerja sama dengan Balai Pelestarian Cagar Budaya Batusangkar untuk mempercepat terwujudnya penetapan kawasan seribu rumah gadang yang terletak di Nagari Koto Baru, Kecamatan Sungai Pagu sebagai cagar budaya.

Sementara itu, Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya Sumbar, Riau dan Kepulauan Riau, Nurmatias menyebutkan kawasan seribu rumah gadang memiliki rumah adat Minangkabau yang paling variatif dibanding daerah lain.

"Ini merupakan aset yang harus dijaga kelestariannya dengan cara mengembangkannya menjadi daerah tujuan wisata," lanjutnya.

Dalam kawasan seribu rumah gadang terdapat 113 rumah gadang, dua masjid dan satu mushala serta satu kuburan Syekh Maulana Ibrahim yang direncanakan masuk dalam cagar budaya yang berada di lahan seluas 26 hektare.

Foto : indonesia-heritage.net

Category: