Berita Terpilih

Penerapan Pendidikan Karakter Yang Masih Banyak Hambatan

Mon, 10/20/2014 - 13:37 -- nofrilawati

Penerapan nilai-nilai pendidikan karakter di sekolah-sekolah Indonesia belum sempurna dan masih banyak hambatan dan kendala yang dihadapi.

Seperti diungkapkan oleh Ketua Konsorsium Nasional Pengembangan Sekolah Karakter Susanto, capaian realisasi pendidikan karakter di Indonesia masih minim. Hasil pantauan Konsorsium Nasional Pengembangan Sekolah Karakter 2014 menunjukkan masih banyak hambatan dalam merealisasikan nilai-nilai karakter di sekolah.

Hambatan yang dihadapi antara lain kompetensi tenaga pendidik terkait pendidikan karakter masih rendah, sedikit sekolah yang memiliki rencana aksi pendidikan karakter, buku bacaan guru yang bermuatan karakter sangat terbatas, ketersediaan perpustakaan siswa yang bermuatan karakter minim, dan banyak guru yang belum mendapatkan pelatihan pendidikan karakter.

Kondisi ini tentu akan berakibat pada minimnya capaian pendidikan karakter di sekolah, katanya, dikutip dari Antara News.

Indonesia membutuhkan langkah dan strategi yang besar untuk melakukan transformasi besar-besaran pada institusi sekolah sebagai tangga menuju bangsa yang berkarakter. Jika pola manajemen masih menggunakan menu lama, sementara kesiapan SDM masih lemah, saya tidak yakin semangat membangun generasi berkarakter akan tercapai dengan baik," ujarnya.

Category: