Berita Terpilih

Pendidikan Usia Dini Pengaruhi Kesiapan Sekolah Anak

Thu, 02/05/2015 - 14:02 -- nofrilawati

Guru Taman Kanak-kanak (TK) memiliki peran penting dalam menyiapkan anak untuk memasuki kelas 1 SD, untuk itu para guru diharapkan mampu menyiapkan anak secara mandiri dan aspek mental, emosional dan kemampuan dasar prasekolah seperti membaca dan menghitung.

Usia 0-6 tahun merupakan usia "emas" karena mereka akan mampu menerima masukan pendidikan secara optimal, sehingga para guru TK sudah seharusnya memilki kemampuan dalam pendidikan anak usia dini (PAUD), menurut Dosen Fakultas Ilmu Pendidikan-Universitas Negeri Jakarta (FIP-UNJ) Dr Yuliani Nurani, MPd, dikutip dari Antara News.

Sementara itu, Dekan FIP-UNJ Dr Sofia Hartati, MSi, mengatakan kesiapan sekolah pada anak dipengaruhi oleh yang diperoleh oleh anak pada usia dini.

Berdasarkan penelitian pada perkembangan otak, dikemukakan bahwa belajar yang dialami oleh anak sejak lahir hingga usia lima tahun memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap kemampuan belajar anak pada jenjang sekolah.

Penelitian tersebut mendorong jajaran pakar PAUD untuk menyediakan PAUD yang berkualitas dan guru yang berkompeten. Dari PAUD yang berkualitas diharapkan akan membantu anak-anak Indonesia untuk lebih siap memasuki pendidikan dasar dan menengah, ungkapnya.

Category: