Berita Terpilih

Pemko Palangkaraya Aplikasikan Teknologi Pengubah Air Gambut

Thu, 09/22/2016 - 19:03 -- nofrilawati

Dalam rangka memudahkan masyarakat untuk memperoleh air bersih, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan Pusat Peneliti Lingkungan Hidup (PPLH) Universitas Palangka Raya (UPR) beserta Pemerintah Kota Palangka Raya mengaplikasikan teknologi pengolahan air gambut menjadi air bersih.

"Teknologi pengolah air gambut menjadi air bersih ini sangat sederhana dan mudah diaplikasikan sehingga nantinya masyarakat akan lebih mudah mendapatkan air bersih untuk keperluan sehari-hari," kata Ketua rombongan LIPI, Nyoman Sumawijaya, dikutip dari Antara News.

Pernyataan itu diungkapkan dia dalam acara "Focus Group Discussion" (FGD) tentang "Aplikasi Teknologi Sederhana Pengelolaan Air Gambut Menjadi Air Bersih yang digelar di Ruang Rapat Peteng Karuheri (PK-2) komplek kantor wali kota.

"Tahap awal kita kita mengimplementasikan alat tersebut di Desa Kalampangan yang bertujuan bisa mengurangi bencana kekeringan. Alat tersebut juga nantinya bisa diimplementasikan di lima kecamatan yang ada di Kota Palangka Raya," ungkap Kepala Pusat Peneliti Lingkungan Hidup Universitas Palangka Raya, Prof Ir Yetri Ludang.

Sementara itu, Asisten Kesejahteraan Masyarakat Pemerintah Kota, Gunawan Abel menyambut baik terhadap rencana hibah dua alat pengubah air gambut menjadi air bersih tersebut.

"Pemko bisa saja mendukung pengembangan teknologi tersebut, namun semuanya harus dikoordinasikan sehingga manfaat serta pengaruh penggunaan alat tersebut benar-benar dirasakan masyarakat," katanya.

Foto : kelair.bppt.go.id