Berita Terpilih

Pemerintah Tetapkan Empat Kebijakan Untuk Industri Kakao

Wed, 12/10/2014 - 19:06 -- nofrilawati

Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian menetapkan empat fasilitas untuk mendorong berkembangnya industri hilir pengolahan kakao.

Dalam pengembangan perkakaoan nasional, pemerintah telah memberikan berbagai fasilitas melalui paket kebijakan, kata Menteri Perindustrian Saleh Husin, dikutip dari Antara News.

Pertama pembebasan Bea Masuk atas pengimporan mesin, barang dan bahan. Kemudian pemerintah memberikan Bea Keluar biji kakao dalam rangka menjamin pasokan bahan baku biji kakao di dalam negeri.

Ketiga adalah pengurangan Pajak Penghasilan (PPh) bagi investasi baru maupun perluasan di bidang industri pengolahan kakao, serta fasilitas PPh untuk penanaman modal di bidang-bidang usaha tertentu dan/ atau di daerah-daerah tertentu, ujarnya.

Terakhir, adanya pemberian fasilitas pembebasan atau pengurangan PPh dengan persyaratan merupakan industri pionir, rencana penanaman modal Rp1 triliun dan telah berproduksi secara komersial.

Tumbuhnya industri hilir pengolahan kakao di Indonesia, perlu didukung oleh ketersediaan bahan baku yang mencukupi, kata Menperin.