Berita Terpilih

Pemerintah Targetkan Bahasa Indonesia Jadi Bahasa Internasional

Wed, 06/25/2014 - 16:06 -- nofrilawati

Bahasa Indonesia ditargetkan menjadi bahasa internasional ke-7 di dunia. Saat ini, ada enam bahasa resmi internasional, yaitu Bahasa Inggris, Bahasa Arab, Bahasa Mandarin, Bahasa Spanyol, Bahasa Rusia dan Bahasa Perancis.

Peningkatan fungsi Bahasa Indonesia menjadi bahasa internasional telah tertuang dalam Undang-undang Nomor 24 tahun 2009 tentang bendera, bahasa dan lambang negara serta lagu kebangsaan Pasal 44 ayat 1,2 dan 3, kata Kepala Pusat Pengembangan dan Perlindungan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud, Sugiyono, seperti dikutip dari Antara News.

Dalam UU no 24 tahun 2009 pasal 44 ayat 1 hingga 3 disebutkan pemerintah meningkatkan fungsi Basaha Indonesia menjadi bahasa internasional secara bertahap, sistematis dan berkelanjutan. Ayat kedua menyebutkan peningkatan fungsi Bahasa Indonesia menjadi bahasa internasional sebagaimana dimaksud pada ayat satu dikoordinasi oleh lembaga kebahasaan. Sementara ayat ketiga, ketentuan lebih lanjut mengenai peningkatan fungsi Bahasa Indonesia menjadi bahasa internasional sebagaimana dimaksud pada ayat satu diatur dalam peraturan pemerintah.

Dengan adanya UU tersebut, maka sebelum bahasa lain menjadi urutan ke-7 dalam bahasa internasional, Indonesia akan berupaya untuk masuk diurutan itu, kata Sugiyono.

Category: