Berita Terpilih

Pemerintah Dorong Pertumbuhan Ekspor Furnitur dan Produk Kerajinan

Thu, 07/17/2014 - 11:35 -- nofrilawati

Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mendorong peningkatan ekspor furnitur dan produk kerajinan hasil hutan Indonesia.

Furniture adalah industri yang kita dorong terus, saya kira untuk lima tahun kedepan ekspor bisa mencapai 5 miliar dolar AS dan angka tersebut merupakan angka yang realistis, kata Direktur Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian, Panggah Susanto, seperti dikutip dari Antara News.

Republik Rakyat Tiongkok dan Malaysia mampu menjadi produsen furnitur yang besar dan oleh sebab itu, Indonesia harus mampu mencapai target tersebut dalam waktu lima tahun kedepan. Pemerintah sendiri telah memberikan andil besar dalam industri furnitur dalam negeri, salah satunya melalui adanya pelarangan ekspor bahan mentah yang belum diolah agar bisa diproduksi untuk memberikan nilai tambah, ujar Panggah.

Pada 2013, total ekspor produk furnitur Indonesia mencapai 1,7 miliar dolar AS, dan menempatkan Indonesia sebagai eksportir produk furnitur ke-18 dunia dengan pangsa pasar 1,12 persen. Pada periode Januari-April 2014, nilai ekspor kerajinan mencapai 229.5 juta dolar AS, atau meningkat 2,75 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Pada tahun 2014-2015 pemerintah menargetkan ekspor produk hasil hutan Indonesia, termasuk furnitur tumbuh sebesar 5,5-6,5 persen dengan target nilai ekspor sebesar 9,4-9,5 miliar dolar AS.

Foto : manajemenppm.wordpress.com

Category: