Berita Terpilih

Pemerintah Batasi Penggunaan BBM Bersubsidi

Fri, 08/08/2014 - 19:51 -- nofrilawati

Pemerintah perlu mengeluarkan kebijakan untuk melarang kendaraan pribadi menggunakan BBM bersubsidi. Seperti diungkapkan Menteri Perindustrian MS Hidayat agar suatu hari nanti akan ada peraturan soal larangan mobil pribadi menggunakan BBM subsidi.

Bila kebijakan penghapusan subsidi bagi seluruh kendaraan pribadi tersebut diberlakukan, maka tidak terjadi diskriminasi dan bisa mengurangi beban subsidi pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), kata Hidayat, dikutip dari Antara News.

Sedangkan untuk angkutan umum, masih diperbolehkan menggunakan BBM bersubsidi karena menyangkut kepentingan rakyat. Untuk angkutan umum tetap disubsidi karena itu memberikan multiplier efek pada kegiatan ekonomi, industri, transportasi, ujarnya.

Usulan itu telah dibahas di tingkat asosiasi pengusaha yakni Kamar Dagang dan Industri (Kadin) dan Komite Ekonomi Nasional (KEN). Tapi usulan tersebut belum diajukan secara lebih jauh ke pemerintah, katanya.

Saat ini, penjualan solar bersubsidi tidak dilakukan di Jakarta Pusat mulai 1 Agustus 2014 dan mulai 4 Agustus 2014, penjualan solar bersubsidi di SPBU di wilayah tertentu di Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Bali akan dibatasi pukul 08.00--18.00 waktu setempat.

Kebijakan pembatasan tersebut dikeluarkan agar kuota BBM subsidi sebesar 46 juta kiloliter bisa cukup sampai dengan akhir 2014.

Foto : energitoday.com