Berita Terpilih

Pemerintah Akan Revitalisasi Rumah dan Desa Adat

Wed, 08/20/2014 - 19:18 -- nofrilawati

Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan merevitalisasi 15 rumah adat dan tujuh desa adat di beberapa provinsi di Indonesia sebagai upaya untuk tetap melestarikan adat istiadat yang dimiliki setiap daerah.

Pemerintah akan mengucurkan dana Rp 500 juta per rumah adat untuk memperbaiki bagunan rumah adat dan lingkungan sekitarnya. Ke -15 rumah adat tersebut ada di Provinsi Bali, Pulau Sumba, Pulau Manggarai, Pulau Lombok dan Provinsi Jawa Barat, kata Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Kacung Marijan, dikutip dari Antara News.

Selain itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan juga akan merevitalisasi tujuh desa adat, termasuk desa adat di Kesatuan Adat Banten Kidul Kasepuhan Sinar Resmi, Sukabumi, Jawa Barat. Desa adat lain yang akan direvitalisasi ialah Kelompok Pelestari Desa Adat Malapi Pabiring, Jalan Lintas Timur, Dusun Pabiring, Desa Malapi, Kecamatan Putussibau Selatan, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

Desa adat selanjutnya yakni Kerukunan Keluarga Tongkonan Bamba, Dusun Baliu, Lembang Tadongkonan, Kecamatan Kesu, Toraja Utara, Sulawesi Selatan, ujarnya.

Selain itu, pemerintah juga memberikan dana revitalisasi untuk Desa Adat Komunitas Masyarakat Bondo Kodi, Desa Dinjo, Kecamatan Kodi Bangedo, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Komunitas Masyarakat Adat Wailala Waingapu, Kecamatan Kodi Balaghar, Sumba Barat Daya, NTT.

Foto : alanmalingi.wordpress.com

Category: