Berita Terpilih

Pelajar di Yogyakarta Ikuti Pelatihan Menciptakan Aplikasi

Thu, 11/19/2015 - 19:02 -- nofrilawati

Ribuan pelajar Yogyakarta ikuti pelatihan bahasa pemrograman atau coding di Gedung Pusat Kebudayaan Koesnadi Hardjasoemantri, Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

Pelatihan yang diselenggarakan oleh Microsoft Indonesia melalui program Microsoft Youth Spark 2015 ini diikuti 1.000 pelajar dari berbagai lembaga pendidikan di Yogyakarta.

"Kami ingin para remaja di Yogyakarta tidak hanya menjadi konsumen teknologi melainkan juga mampu menciptakan aplikasi sendiri," kata Director of Corporate Affairs Microsoft Indonesia, Ruben Hattari, dikutip dari Antara News.

Pelatihan itu penting di era pasar digital saat ini. Sebab tanpa kemampuan memahami bahasa pemrograman, penduduk di Indonesia hanya menjadi pasar potensial berbagai produk digital dari luar negeri, ujarnya.

Tujuan akhir YouthSpark, bukan untuk melihat seberapa rumit aplikasi permainan yang berhasil dikembangkan, melainkan proses kreatif yang telah ditempuh para peserta. "Kami berharap anak muda mampu memberikan ide kreatif dan strategis yang dapat diwujudkan melalui proses coding," ungkapnya.

Sementara itu, Dekan Fisipol UGM, Erwan Agus Purwanto mengatakan remaja yang telah memiliki kemampuan di bidang pemrograman dapat berkontribusi memajukan perekonomian serta mampu menghadirkan aplikasi yang mampu memecahkan kebutuhan masyarakat.

"Bukan hanya sebagai produsen yang menguntungkan diri sendiri, tapi juga membantu memecahkan persoalan sosial," kata dia.

Program Microsoft YouthSpark 2015 berlangsung mulai November 2015 hingga Mei 2016. Kegitan ini terselenggara atas kerja sama, Microsoft Indonesia bersama Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) UGM serta Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB).

Foto : upik.jogjakota.go.id