Berita Terpilih

Obat Mata Dari Cangkang Kepiting dan Udang Inovasi Mahasiswa Unair

Mon, 07/24/2017 - 16:42 -- nofrilawati

Mahasiswa Universitas Airlangga (Unair) yang beranggotakan Nadia Rifqi Cahyani, Annisa Wahyu Alifiany, M. Bagus Lazuardi, Marsya Nilam Kirana, dan Iffa Aulia Fiqrianti lakukan penelitian dengan mengembangkan cangkang kepiting atau udang menjadi obat penyakit glaukoma.

Glaukoma merupakan penyakit mata yang disebabkan oleh tekanan cairan dalam bola mata yang terlalu tinggi. Hal ini menyebabkan rusaknya serat lembut pada saraf optik yang memiliki fungsi untuk membawa sinyal penglihatan dari mata ke otak.

"Mata merupakan organ vital yang sangat penting bagi kehidupan. Dengan solusi yang kami buat, diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup dan memberi harapan bagi penderita glaukoma yang memiliki potensi besar terhadap kebutaan," ungkap Nadia yang juga didapuk sebagai ketua tim, seperti dikutip dari Okezone News.

Cangkang kepiting atau udang memiliki kemampuan antibakteri yang mampu mencegah infeksi pada mata.

Produk dari mahasiswa Unair ini menyulap cangkang kepiting dan udang menjadi hydrogel yang mempunyai sistem drug delivery. Untuk kemasan, produknya ini berbentuk butiran yang bisa diteteskan ke dalam mata. Hal ini memiliki fungsi untuk mengurangi cairan yang ada pada mata.

Foto : Okezone News