Berita Terpilih

Obat Herbal Dari Kunyit Inovasi Dosen ITB

Mon, 11/30/2015 - 17:10 -- nofrilawati

Penelitian yang dilakukan Prof. Elin Yulinah Sukandar, dosen Farmasi ITB olah kunyit dan bawang putih jadi obat antidiabetes dan anti hiperlipidemia.

Zat aktif yang berhasil ditemukan pada kunyit adalah curcumin ditambah cuminoid. Sedangkan pada bawang putih terdapat zat aktif aliin, alisin, lapoisitoin.

Meski sudah terbukti secara klinik, namun penelitian terhadap khasiat kombinasi kunyit dan bawang putih itu tidak berhenti, ada penelitian lanjutan yang dilakukan menyangkut mekanisme kerjanya. "Dan ternyata mekanisme kerja dari zat aktifnya itu banyak", kata Elin Yulinah Sukandar.

Selain itu, Elin juga mengembangkan obat dari jahe dan mengkudu sebagai pengganti obat standar TBC, dan obat herbal anti kolesterol.

Fortibi dan obat anti tuberkulosis hasil penelitiannya sudah diproduksi oleh salah satu perusahaan farmasi di Indonesia.

Inovasi obat-obat yang dilakukan alumnus Farmasi ITB tahun 1974 ini membuat dia menjadi salah satu finalis GICA (Ganesha Innovation Championship Awards) 2015. Dia juga aktif bekerjasama dengan lembaga farmasi di Indonesia untuk mengajak masyarakat mengkampanyekan obat asli Indonesia.

Foto : fungsidaun.blogspot.com