Berita Terpilih

Nandang Aradea

Thu, 11/14/2013 - 14:11 -- nofrilawati

Lahir 5 Juli 1971 di Ciamis, Jawa Barat. Lulusan dari Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia IKIP Bandung atau yang sekarang dikenal dengan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Sempat kuliah di program master fakultas penyutradaraan di Russian Academy of Teater Art (GITIS) di Moskow-Rusia.

Nandang terlibat ke dalam dunia teater sejak tahun 1990, termasuk di teater mahasiswa IKIP Bandung (sekarang Teater Lakon). Dia juga merupakan pelopor berdirinya Mainteater Bandung. Pada tahun 1995, Ia terpilih sebagai wakil dari kegiatan teater mahasiswa Indonesia di Festival Teater Mahasiswa Australia di Latrobe University, Melbourne.

Pada tahun 1998, Ia pindah dari Bandung ke Banten dan menjadi dosen Drama di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), dan mendirikan teater kampus, Teater Kafe Ide. Dari tahun 2002 sampai 2006 Ia bekerja di Moskow, dan selama di Moskow Ia mengikuti pelatihan teater di Chekhov International Theater IV, World Theater Olimpiade I dan Chekhov Theater Festival V.

Sekembalinya ke Indonesia, Nandang mendirikan Teater Studio Indonesia. Teater Studio Indonesia yang Ia pimpin meraih penghargaan di Festival Tokyo 2012 dan pada Festival Tokyo 2013 yang akan diselenggarakan pada November 2013, Nandang tidak bisa menyaksikan karyanya karena Sang Ilahi telah memanggilnya pada Oktober 2013.

*Diambil dari berbagai sumber