Berita Terpilih

Mobil Listrik Berbasis Android Inovasi Mahasiswa UII Yogyakarta

Mon, 11/09/2015 - 18:10 -- nofrilawati

Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta luncurkan mobil listrik berbasis android, mobil listrik generasi II ini diberi nama Kaliurang Unisi Generasi II.

"Mobil listrik itu dapat dikendalikan dengan sistem operasi android," kata Ketua Tim Mobil Listrik UII Nazri Afandi Pasaribu, dikutip dari Antara News.

Produk teknologi itu merupakan hasil kolaborasi antara dosen dan mahasiswa Fakultas Teknologi Industri (FTI) UII. "Mobil listrik berbasis android generasi II itu memiliki teknologi yang lebih unggul dibanding produk sebelumnya. Pada 2014, UII meluncurkan mobil listrik Force Unisi," ungkapnya.

Nazri mengatakan mobil itu telah melalui berbagai penyempurnaan dibanding keluaran sebelumnya. Bodi mobil lebih ramping dan kokoh karena menggunakan chasis tipe steel space frame dan sistem kendali berbasis androidnya juga lebih optimal.

Sementara itu, Rektor UII Harsoyo mengatakan anak muda Indonesia sebenarnya memiliki bakat dan potensi untuk mengembangkan teknologi mobil listrik yang menjadi prestis nasional.

"Kami berharap agar tim mobil listrik UII dapat terus berkarya dan menginspirasi pengembangan teknologi mobil listrik berbasis android di Indonesia," ungkapnya.

Foto : citizen6.liputan6.com