Berita Terpilih

Mesin Pemeras Daging Buah Berbiji Inovasi Balitbangtan

Fri, 03/27/2015 - 19:06 -- nofrilawati

Tanah Indonesia yang subur dengan iklim tropis menjadikan berbagai macam tanaman dapat tumbuh dengan subur tak terkecuali hasil pertanian.

Melihat potensi hasil pertanian yang dimiliki Indonesia, seperti buah-buahan membuat peneliti dari Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan), Kementerian Pertanian menciptakan mesin pemeras daging untuk buah-buahan.

Mesin pemeras daging buah berbiji tersebut dapat memisahkan fraksi cair atau sari buah dengan fraksi padat atau ampas dan biji. Pemisahan tersebut adalah dengan cara memeras daging buah berbiji secara mekanik, diikuti dengan pemisahan antara fraksi cair dan padat.

Keunggulan mesin ini ialah mampu menghasilkan waktu pemerasan yang cepat dan efisiensi yang tinggi dibandingkan pemerasan yang dilakukan dengan cara manual.

Menurut peneliti, yang dikutip dari Majalah Sains Indonesia, Balitbangtan, Kementerian Pertanian, mesin ini dapat dioperasikan secara kontinyu, serta dapat dipakai untuk buah-buahan berbiji seperti buahmanggis, jambu, markisa.

Saat ini, Mesin pemeras daging buah berbiji inovasi peneliti dari Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian (BB Mektan) siap dipasarkan.