Berita Terpilih

Mendikbud Sampaikan Kurikulum 2013 di Education World Forum (EWF)

Mon, 01/27/2014 - 18:25 -- nofrilawati

Pendidikan memiliki peran penting dalam kemitraan global serta dapat mengentas kemiskinan. Seperti disampaikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh saat membahas Kurikulum 2013 di Forum Pendidikan Dunia (EWF) 2014 bahwa pendidikan memainkan peran strategis dalam kemitraan global serta dapat memutus lingkaran setan dalam pengentasan kemiskinan.

Education World Forum (EWF) yang diselenggarakan di London ini dihadiri 101 menteri dari berbagai negara. Dalam kesempatan itu Mendikbud RI memimpin debat "Ke Sekolah atau Tidak".

Selain itu, Nuh juga menyampaikan Kurikulum 2013. Abad ini kreativitas dan inovasi menjadi aset yang paling penting di miliki anak didik. Melalui pendekatan ilmiah dalam pembelajaran, metode baru telah berkembang menjadi kekuatan dan siswa harus aktif terlibat dalam mengamati, bertanya, bergaul dan bereksperimen, ujar Nuh, seperti dikutip dari Antara News.

Mendikbud mengatakan pendidikan harus mengatasi tiga kompetensi, yaitu sikap yang berkaitan dengan etika, keterampilan yang berkaitan dengan fisik dan estetika, serta pengetahuan yang berhubungan dengan logika.

Mulai tahun akademik 2014/2015, kurikulum 2013 akan dilaksanakan di seluruh Indonesia yang melibatkan lebih dari 208.000 sekolah, 31 juta siswa dan 1,4 juta guru. Kami percaya melalui program strategis ini proses pembelajaran akan berbobot untuk meningkatkan kreativitas siswa secara maksimal seperti yang ditunjukan dalam sebuah laporan riset terbaru oleh J. H. Pencelup pada 2011, ujarnya.

Foto : en.wikipedia.org

Category: