Berita Terpilih

Melihat Potensi Indonesia Jadi Pusat Mode Muslim Dunia

Wed, 10/29/2014 - 14:45 -- nofrilawati

Sebagai negara islam terbesar di dunia dengan penggunaan hijab yang terus meningkat, Indonesia berpotensi menjadi pusat mode Muslim dunia.

Minat berhijab yang kian meningkat di Tanah Air membuat Indonesia memiliki potensi besar menjadi pusat mode Muslim dunia pada beberapa tahun mendatang, kata Ketua Komite Tetap Perdagangan Luar Negeri Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jakarta, Fathya Feurazia Yuliandre, dikutip dari Antara News.

Menurut dia, Penggunaan hijab pada masyarakat dalam negeri yang variatif dan dianggap semakin modern, menjadi alasan meningkatnya peminat busana Muslim di sejumlah daerah Indonesia.

Melihat fenomena yang terjadi, secara tidak langsung memberikan kesempatan kepada produsen pakaian lokal untuk memperluas produksinya pada pakaian muslim.

Sudah ada banyak produk busana Muslim buatan pengusaha lokal yang diekspor ke luar negeri saat ini. Indonesia bahkan menjadi eksportir baju Muslim terbanyak di dunia saat ini, mengalahkan Malaysia yang juga diketahui bergelut pada usaha yang sama, ujar Fathya.

Meningkatnya pengguna hijab serta tingginya produksi busana Muslim di Jakarta, membuka kesempatan besar bagi Ibu Kota Indonesia untuk menjadi pusat mode Muslim dunia. Potensi ini harus segera dilihat oleh Pemerintah Jakarta, karena hal ini kemudian dapat diunggulkan oleh Ibu Kota, katanya.