Berita Terpilih

Melihat Pertumbuhan Industri Kreatif

Mon, 03/24/2014 - 11:27 -- nofrilawati

Industri kreatif nasional terus mengalami pertumbuhan dan tahun 2014 ditargetkan pertumbuhan industri kreatif mencapai 10 persen.

Semakin berkembangnya jumlah pelaku industri dan proyeksi daya ekspor yang meningkat, menjadi penopang pertumbuhan industri kreatif, yang tahun lalu tumbuh di kisaran enam persen. Saya kira akan tumbuh 10 persen tahun ini, dengan ditopang, salah satunya ekspor produk yang sudah ke mancanegara, kata Menteri Perindustrian MS Hidayat, seperti dikutip dari Antara News.

Pada 2013, ekspor produk kreatif mengalami peningkatan sebesar delapan persen dari tahun 2012. Sedangkan kontribusi industri kreatif terhadap Product Domestic Bruto (PDB) tahun 2013 tidak jauh berbeda dengan tahun 2012, di kisaran 6,9 persen.

Beberapa kendala memang masih menghantui laju industri kreatif seperti minimnya akses pembiayaan, perlindungan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) dan juga akses pasar yang mendapat tantangan hebat dari produk asing, ujar Hidayat.

Untuk akses pasar, sistem online atau e-commerce merupakan salah satu upaya yang dapat dijadikan para pebisnis produk kreatif untuk menambah pasar.

Category: