Berita Terpilih

Melihat Perkembangan Film Animasi di Tanah Air

Tue, 03/08/2016 - 17:13 -- nofrilawati

Film animasi di Tanah Air jika dikembangkan dengan serius memiliki prospek dan nilai ekonomi yang bagus.

"Bahkan, sektor animasi nantinya bisa memberikan kontribusi yang besar bagi Indonesia, karena dari sebuah cerita animasi atau sebuah karakter yang diciptakan bisa dijadikan aneka produk, mulai dari boneka, mainan, permainan serta produk bernilai lainnya," kata Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf.

Nantinya, ribuan orang akan mendapatkan penghidupan dari sektor animasi yang merupakan sebuah kreativitas yang menghasilkan nilai ekonomi untuk bangsa. Untuk itu, kekayaan intelektual tersebut juga harus dilindungi dan dimodernisasi, ungkapnya.

Agar bisa menggapai kesuksesan seperti halnya film animasi barat, secara teknis memerlukan keahlian, sedangkan bangsa Indonesia saat ini termasuk ketinggalan. Meskipun demikian, kata dia, dengan kemajuan teknologi diyakini sumber daya manusia yang ada saat ini bisa mengejar ketinggalan tersebut.

Dalam rangka memajukan sektor film animasi, pemerintah akan mendorong televisi swasta untuk memberikan kesempatan agar produk animasi Indonesia bisa ditayangkan. Sebelumnya, sudah ada pertemuan dengan sejumlah pemilik stasiun televisi, jelasnya.

"Memang perlu ada keberpihakan dari stasiun televisi. Kami akan meminta mereka membeli produk lokal yang tidak semurah ketika mereka membeli film dari Hollywood karena produksinya benar-benar baru," ujarnya.

Foto : uaristudio.blogspot.com

Category: