Berita Terpilih

Mei Tarif Dasar Listrik Industri Alami Kenaikan

Wed, 04/16/2014 - 15:14 -- nofrilawati

Mulai 1 Mei 2014 tarif dasar listrik industri mengalami kenaikkan berdasarkan Peraturan Pemerintah yang diterbitkan melalui Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) No. 9 tahun 2014. Peraturan yang ditandatangani Mentri ESDM Jero Wacik ini telah mendapat persetujuan Komisi VII DPR.

Kenaikan tarif berlaku untuk industri skala besar yang memakai listrik bertegangan menengah dengan daya di atas 200 kVA atau 13 khusus perusahaan berstatus terbuka dan pemakai tegangan tinggi dengan daya di atas 30.000 kVA atau golongan 14.

Seperti diberitakan Antara News, peraturan itu juga mengatur pemberlakuan penyesuaian tarif secara otomatis untuk empat golongan nonsubsidi. Keempat golongan tersebut adalah rumah tangga besar dengan daya 6.600 VA ke atas, bisnis menengah dengan daya 6.600 sampai 200 kVA, bisnis besar dengan daya di atas 200 kVA dan kantor pemerintah sedang dengan daya 6.600 hingga 200 kVA.

Tarif keempat golongan tersebut akan mengalami fluktuasi berdasarkan formula tertentu dengan indikator yang ditetapkan yakni kurs rupiah, inflasi, dan harga minyak Indonesia.

Dengan demikian, tarif keempat golongan itu bisa naik atau turun mengikuti indikator ekonomi yang ditetapkan setiap bulan. Penyesuaian tarif ditetapkan oleh Direksi PLN sesuai formula yang telah ditetapkan dan dilaporkan ke Menteri ESDM setiap bulan.