Berita Terpilih

Masa Emas Perkembangan Otak Terjadi Pada Usia Dini

Wed, 01/08/2014 - 15:37 -- nofrilawati

Menurut pengetahuan neurofisiologi yang berkembang pesat pada akhir Abad ke-20, kemampuan potensi seseorang dapat dikembangkan secara maksimal bila kemampuan tersebut dapat dirangsang secara optimal pada usia dini.

Perangsangan (stimulasi) otak anak usia dini bertujuan untuk mengembangkan proses terjadinya sinapsis (hubungan antar sel saraf). Banyaknya perkembangan sinapsis mencerminkan pertumbuhan otak. Pada masa enam tahun pertama kehidupan dikatakan bahwa pertumbuhan otak sudah mencapai 75 persen. Masa inilah yang disebut "masa emas" (golden age).

Pengalaman awal kehidupan menentukan struktur perkembangan otak anak yang merupakan landasan kemampuan belajar, perilaku, dan kesehatan di masa datang. Kemampuan pada anak usia dini merupakan dasar kemampuan untuk perkembangan selanjutnya dalam pembentukan nilai, watak, budaya, dan intelektual.

Untuk itu, pengembangan kesehatan, perawatan dan pendidikan anak usia dini harus mendapat perhatian penuh sebagai strategi yang sangat penting dalam mengembangkan kualitas sumber daya insani Indonesia.

Sumber : I. Rilantono, Lily, (2009). Menyalakan Api, Investasi Pembangunan Sumberdaya Insani

Category: