Berita Terpilih

Manfaatkan Teknologi Informasi Dengan Sistem Kuliah Daring

Mon, 03/10/2014 - 15:55 -- nofrilawati

Memaksimalkan pemanfaatan teknologi informasi yang berkembang saat ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan meluncurkan sistem perkuliahan daring (online).

Dikutip dari Antara News, Menteri Pendidikan Mohammad Nuh mengatakan pemanfaatan TI bisa mencakup banyak aspek. Khusus pendidikan tinggi, IT dimanfaatkan mulai dari peningkatan akses, peningkatan kualitas, hingga peningkatan tata kelola. Sekarang sistemnya sedang dipersiapkan dan diujicoba.

Dengan program kuliah daring memungkinkan mobilitas yang tinggi di kalangan mahasiswa. Mahasiswa di Universitas Gajah Mada, misalnya, bisa mengikuti mata kuliah di Institut Teknologi Sepuluh November. Dengan demikian, mahasiswa memiliki wawasan yang lebih, ujar M. Nuh.

Teknis pelaksanaan kulia sistem daring ini dengan cara mendaftar terlebih dahulu untuk mengikuti perkuliahan online di universitas yang dipilih. Materi perkuliahan nantinya bisa diunduh dalam situs web dan akan mendapatkan nilai yang sama dengan mahasiswa yang hadir langsung.

Mendikbud menjelaskan Sistem ini, juga akan dikembangkan untuk menghubungkan universitas Indonesia ke universitas lain di luar negeri yang sudah memiliki sistem daring juga. Untuk pendidikan dasar, sistem daring tidak digunakan untuk peningkatan akses. Karena konsep tatap muka di pendidikan dasar masih diandalkan. Tapi untuk urusan tata kelola, maka pemanfaatan IT bisa diterapkan.

Tatap muka untuk pendidikan dasar lebih diandalkan karena terkait dengan pembentukan kepribadian, dimana guru menjadi panutan, katanya.