Berita Terpilih

Malang Terapkan Smart Village Untuk Angkat Potensi Wisata

Wed, 10/25/2017 - 17:41 -- nofrilawati

Malang terus berupaya menggali seluruh potensi wisata yang ada di wilayahnya, termasuk wisata pedesaan melalui pengembangan smart village atau desa pintar.

"Saat ini sudah ada 16 desa wisata yang menggunakan sistem smart village, di antaranya adalah Ekowisata Boon Pring Andeman di Desa Sanankerto, Kecamatan Turen," kata Kepala Disbudpar Kabupaten Malang, Made Arya Wedhantara, dikutip dari Antara News.

Pembangunanan Smart Village Ekowisata Boon Pring ini mendapat apresiasi dan dukungan penuh dari Asisten Deputi Tata Kelola Destinasi Pariwisata dan Pemberdayaan Masyarakat Kemenpar dan Bupati Malang Rendra Kresna, ungkapnya.

Ke depan, pihaknya ingin desa wisata di Kabupaten Malang yang ber-tagline The Heart of East Java itu seluruhnya menerapkan smart village untuk mengangkat potensi wisata di desa masing-masing, artinya wisatawan cukup melihat informasi potensi desa wisata yang ada di Kabupaten Malang melalui smartphone berbasis andorid yang terkoneksi dengan internet.

Selain itu, aplikasi Smart Village Boon Pring juga menyediakan profil wisata, menunjukkan tempat wisata, list harga tiket masuk, penjualan dan pemesanan tiket. "Semuanya lengkap dan yang paling penting adalah desa wisata itu rutin meng-update informasi terbaru dari aplikasi tersebut," jelasnya.

Foto : fpk-news.com