Berita Terpilih

Makanan Ini Bisa Cegah Gigi Berlubang

Wed, 01/27/2016 - 13:27 -- nofrilawati

Teliti pengaruh Dangke terhadap kesehatan gigi, membuat Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Hasanuddin, Ridhayani Hatta dan Irma Ariany Syam, raih juara I lomba "Dental Student Research 2016" tingkat ASEAN.

Tim Unhas ini mengangkat penelitian berjudul The Effectivity of Dangke (Dairy Product from Enrekang, South Sulawesi) to Reduce Number of Streptococcus in Dental Plaque yang dipresentasikan dalam Bahasa Inggris, kata Wakil Rektor III Unhas Dr Ir Abd Rasyid J,M.Si dikutip dari Antara News.

Dangke adalah makanan tradisional dari Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan yang perlu dilestarikan.

"Dangke memiliki potensi sebagai makanan non-kariogenik yang dapat menghambat pembentukan bakteri yang dapat menyebabkan gigi berlubang," jelas Irma.

Adapun awal pemilihan Dangke sebagai objek penelitiannya, melalui seleksi sejumlah abstrak, akhirnya 10 tim yang terpilih sebagai final untuk melakukan presentasi diantaranya dua tim dari Universitas Hasanuddin, dua tim dari Universitas Airlangga, satu tim dari Universitas Indonesia, satu tim dari Universitas Jember dan empat tim dari Universitas Gadjah Mada, ujarnya.

Kompetisi sendiri berlangsung di kampus Universitas Gadja Mada, Yogyakarta.

Foto : shamawar.wordpress.com