Berita Terpilih

Mainan Pengaruhi Tumbuh Kembang Anak

Thu, 10/08/2015 - 14:55 -- nofrilawati

Masa kanak-kanak adalah waktu yang diisi dengan bermain dan orang tua punya kewajiban untuk memilih mainan yang tepat untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak.

Seperti diungkapkan oleh dokter spesialis anak dr. Markus Danusantoso, "Memilih mainan harus ada nilai belajar untuk aspek tumbuh kembang".

Pilihlah mainan yang tidak berbahaya dan terbuat dari bahan bermutu yang sesuai dengan usia anak. Selain itu, mainan yang dipilih haruslah menyenangkan bagi anak.

"Semakin besar, berikan anak mainan yang lebih kompleks," katanya, dikutip dari Antara News.

Baru lahir, anak baru mulai belajar mengenali wajah, tersenyum, menyentuh dan menggenggam. Mainan yang tepat adalah yang bisa menstimulasi panca indera bayi, seperti mainan berwarna-warni yang dapat dapat digantung di atas ranjang bayi.

Ketika beranjak usia enam bulan, bayi sudah bisa memegang, memutar, melatih konsentrasi juga mengenal dan melatih memori warna serta urutan kecil hingga besar, begitu pula sebaliknya.

Bayi di tahap ini juga sudah bisa berbagi peran bermain bersama sehingga orang tua dapat ikut bergantian bermain untuk meningkatkan kemampuan interaksi sosial.

Memasuki usia 9 bulan, ujung jari anak mulai terlatih sehingga mainan yang menggunakan alat seperti stick cocok untuk mengembangkan kemampuannya.

Usia di atas 12 bulan membutuhkan mainan yang dapat membuat anak melatih koordinasi mata-kaki saat berjalan, keseimbangan, belajar melompat dan melangkah. Anak juga mulai berlatih mengasah memori dan konsentrasi serta mengenal angka.

Namun, keterlibatan orangtua dalam bermain sama pentingnya dengan variasi mainan yang diberikan, tegasnya.

Foto : kidzloo.co.id

Category: