Berita Terpilih

Mahasiswa Unej Olah 26 Produk Pangan

Wed, 05/18/2016 - 18:28 -- nofrilawati

Inovasi pangan terus berkembang, tak terkecuali di dalam dunia pendidikan dengan dipamerkannya 26 produk pangan hasil inovasi mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Jember (Unej), Jawa Timur. Pameran yang bertema "Healthy Food and Healthy Life" itu diadakan di Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Jember.

"Ada sebanyak 26 inovasi produk pangan yang dipamerkan dan sesuai dengan tema, bahan-bahan yang digunakan untuk membuat produk itu harus menggunakan bahan alami, baik itu berasal dari lokal Jember maupun luar daerah," kata Dosen pengampu mata kuliah Pengembangan Produk Baru Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Unej Dr Ahmad Nafik, dikutip dari Antara News.

Ada beragam kudapan atau makanan ringan yang dibuat dari bahan-bahan alami yang mudah didapat di Kabupaten Jember di antaranya edamame, daun kelor, cokelat, daun singkong, ubi ungu, tepung singkong (mocaf), dan jagung.

"Berbagai bahan alami tersebut diolah dan dikombinasikan dengan beragam bahan makanan lain, sehingga menghasilkan kudapan, minuman, dan camilan yang kreatif dengan memperhatikan nilai gizinya," jelasnya.

Sementara itu salah seorang mahasiswa FTP Unej yang membuat produk pangan berbahan daun kelor, Sofi Maratus Husna mengatakan ide untuk menggunakan daun kelor sebagai bahan substitusi dari produknya karena kelor dikenal sebagai pohon keajaiban yang memiliki banyak manfaat.

"Daun kelor diketahui mengandung lebih dari 40 antioksidan, 539 senyawa yang dikenal dengan dalam pengobatan Afrika dan India, serta digunakan untuk pengobatan tradisional untuk mencegah lebih dari 300 penyakit," tuturnya.

Foto : weloveunej.com