Berita Terpilih

Mahasiswa UMS Olah Putri Malu Jadi Obat Insomnia

Wed, 05/31/2017 - 16:52 -- nofrilawati

Tumbuhan putri malu (Mimosa pudica) memiliki khasiat menyembuhkan insomnia atau susah tidur. Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMS), yaitu M Yusril Ardiansyah, Zumrotin Firdaus, dan Nisaul Khoiriyah berhasil mengolah tumbuhan putri malu menjadi obat herbal untuk insomnia.

Ramuan putri malu bisa menjadi cara alami mengatasi insomnia karena mengandung melatonin yang mampu memberikan efek sedatif (penenang). Selain itu, biasanya obat ini dijadikan minuman yaitu berupa teh, kata salah satu anggota kelompok Zumrotin, dikutip dari Antara News.

"Kami menganalisanya, meskipun sudah dikeringkan masih ada kandungan oksigen pada daun putri malu. Agar lebih efektif kami ramu dengan bahan alami lain dan menjadikan tumbuhan putri malu ini menjadi obat herbal imsomnia,"ungkapnya.

Sementara itu, Yusril mengatakan dari pengamatan reaksi pada beberapa pengujian, maka ditentukan untuk konsumsi ramuan pengentas insomnia paling ideal adalah satu sampai dua sendok makan setiap hari atau ketika dibutuhkan satu jam sebelum tidur.

"Obat ini menunjukkan reaksinya setelah 10 sampai 15 menit dikonsumsi maksimal satu jam sudah tertidur," jelasnya.

Ke depannya, ketiga sekawan ini ingin mematenkan temuannya agar bisa diteliti lebih lanjut. Bahkan jika memungkinkan ingin diproduksi secara massal jika sudah menemukan standar yang teruji.

Foto : lingkunganalam.com