Berita Terpilih

Mahasiswa UI Kembangkan Cangkang Kapsul Dari Kulit Kambing

Fri, 01/27/2017 - 17:52 -- nofrilawati

Kulit kambing dikembangkan menjadi cangkang kapsul obat, penelitian yang dilakukan oleh Mahasiswa Program Doktoral Fakultas Farmasi Universitas Indonesia (UI) Zilhadia terkait gelatin kulit kambing Etawa.

"Kambing Etawa dapat menjadi sumber gelatin yang baik karena halal, mudah didapat, harga relatif terjangkau, dan mempunyai sifat gelatin yang baik untuk dijadikan cangkang kapsul keras dan lunak dalam industri farmasi," kata Zilhadia dikutip dari Antara News.

Jenis kambing Etawa juga dipilih karena mempunyai bidang kulit yang lebih luas dibanding kambing lokal jenis lain. Kambing peranakan Ettawa merupakan jenis kambing unggul dan potensial dikembangkan di Indonesia, ungkapnya.

Zilhadia mengolah kulit kambing itu menjadi gelatin dengan metode hidrolisis asam dengan cara merendam kulit kambing dengan larutan sodium sulfide dan kalsium hidroksida. Lebih lanjut, cangkang kapsul dari gelatin kambing ini telah diuji laboratorium melalui uji keseragaman bobot, keseragaman ukuran, kadar air kapsul, uji waktu hancur, uji kandungan sulfit kapsul, pengukuran pH, dan uji mikroba.

Foto : Homehome - TIMES Indonesia