Berita Terpilih

Mahasiswa UI Ciptakan Tablet Obat Berbahan Rumput

Wed, 09/13/2017 - 16:56 -- nofrilawati

Rumput laut berhasil dikembangkan menjadi bahan tablet cepat hancur oleh Kevin Dio Naldo, Revi Pribadi dan Rezwendy, Mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Indonesia (UI) .

"Bahan Superdisintegran lokal yang mana tabletnya akan mudah pecah dan larut dalam tubuh kurang dari 30 detik dengan memberdayakan mikroagla merah bernama Gracilaria verrucosa," kata Kevin Dio Naldo dikutip dari Antara News.

Penelitian ini turut mendukung program pemerintah dalam mengurangi ketergantungan terhadap obat impor, mengingat industri farmasi Indonesia masih mengimpor bahan disintegran. Tablet cepat hancur atau Fast Disintegration Tablet (FDT) merupakan tablet yang cepat pecah di rongga mulut pasien tanpa membutuhkan air.

Gracilaria verrucosa merupakan jenis rumput laut kelas alga merah (Rhodophyceae) yang dicirikan berwarna merah hingga keunguan.

Formula pembuatan tablet superdisintegran berbahan G. verrucosa ini memenuhi kriteria yaitu tidak membutuhkan air untuk pecah, memiliki rasa yang enak, tidak rapuh, tidak meninggalkan residu pada mulut dan tidak dipengaruhi suhu dan tekanan.

Diharapkan hasil penelitian ini mampu mendukung pemerintah untuk menciptakan bahan baku obat lokal, menekan angka impor obat dan memberikan informasi kepada petani tambak mengenai nilai guna dari G. verrucosa sebagai superdisintegran.

Foto : Netralnews.com