Berita Terpilih

Mahasiswa UGM Kembangkan Plastik Dari Biji Durian

Tue, 03/15/2016 - 16:58 -- nofrilawati

Biji durian bisa diolah menjadi kantong plastik? Inovasi yang dilakukan Lima mahasiswa Departemen Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada Yogyakarta ini berhasil mengembangkan "bioplastik biji durian" atau kantong plastik dengan bahan baku biji durian.

"Kami berupaya membuat plastik yang bersifat mudah terurai dengan memanfaatkan biji durian sebagai bahan pembuat plastik," kata Fajar Bayu Prakoso yang merupakan ketua tim pengembang bioplastik biji durian, dikutip dari Antara News.

Biji durian dipilih sebagai bahan untuk pembuatan plastik karena memiliki kandungan pati yang cukup tinggi. Sementara pati berfungsi sebagai pengisi pada campuran agar kerapatan bioplastik menjadi tinggi sehingga meningkatkan kuat tarik plastik, jelasnya.

"Kami membuat 30 sampel untuk dicampurkan dan dicetak dengan menggunakan alat Laboplastomill dan Hot Press di LIPI Bandung," kata dia.

Dalam penelitian itu, mereka menggunakan sampel dengan berat 50 gram yang terdiri atas LDPE, pati biji durian, MAH, dan inisiator. Dari 50 gram sampel tersebut dapat diproduksi lembaran bioplastik sebanyak 3-4 lembar dengan ukuran tiap lembar 13x13 cm.

"Kualitas produk bagus, permukaannya rata dan tidak ada yang gosong. Akan tetapi ketebalannya masih kurang kecil masih kisaran 0,5-1 mm," kata dia.

Anggota tim pengembang bioplastik biji durian itu adalah Andika Cahya Widyananda, Annisa Fakhriyah Rofi, Dyah Ayu Permatasari Tedjo Pradipto, dan Adiyat.

Foto : dnaberita.com