Berita Terpilih

Mahasiswa Ubaya Ciptakan Lampu FI Neon Yang Ramah Lingkungan

Fri, 02/13/2015 - 18:38 -- nofrilawati

Prihatin dengan kondisi nelayan yang menggunakan lampu petromax yang tidak ramah lingkungan membuat mahasiswi Universitas Surabaya (Ubaya) menciptakan lampu pengganti dengan nama "FI Neon".

Saya sempat melakukan observasi kepada nelayan di Pantai Kenjeran, ternyata mereka menggunakan petromax yang berbahan minyak tanah yang tidak ramah lingkungan, ujar Cindy Eleonora Gani yang merupakan mahasiswa Jurusan Desain Manajemen Produk pada Fakultas Industri Kreatif Ubaya, dikutip dari Antara News.

Lampu FI Neon itu menggunakan lampu LED sehingga tidak mudah panas dan bisa bertahan hingga 5-8 jam pemakaian bila "charge" energi yang masuk ke dalam lampu itu maksimal. Sistem charging untuk lampu itu bersifat plug in dan plug out, sehingga lampu bisa digunakan secara portable, ujarnya.

Bila lampu FI Neon dimasukkan hingga kedalaman 2-3 meter, maka lampu akan dapat memancing ikan untuk menghampiri, sehingga nelayan tinggal melempar jaring setelah 1-2 jam dan hasilnya akan cukup banyak, ungkapnya.

Untuk proses charging lampi FI Neon bisa dihubungkan dengan motor perahu. Motor perahu itu diberi pulley dan dinamo untuk mengalirkan energi ke aki, lalu aki itu diberi regulator untuk melakukan charging ke dalam lampu FI Neon itu, katanya.

Foto : penabahari.com