Berita Terpilih

Mahasiswa ITB Rancang Desa Terapung Terintegrasi di Teluk Jakarta

Tue, 04/08/2014 - 18:49 -- nofrilawati

Desa Terapung Terintegrasi karya mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) memenangkan penghargaan Indonesia-Netherlands Water Challenge. Penghargaan yang untuk pertama kalinya ini diberikan oleh Menteri Infrastruktur dan Lingkungan Hidup Belanda Melanie Schultz van Haegen.

Program yang dimulai dari November 2013 lalu ini menantang empat tim dari perguruan tinggi, yaitu Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Hasanuddin (Unhas) dan Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk mengembangkan beberapa ide terbaru pembangunan berkelanjutan di Teluk Jakarta dalam program Indonesia-Netherlands Water Challenge.

Konsep Desa Terapung Terintegrasi secara khusus ditujukan bagi masyarakat nelayan di Jakarta. Selain menawarkan rumah terapung bagi komunitas nelayan, juga menjadikan desa sebagai sumber-sumber penghasilan tambahan dengan menjadikan desa sebagai tempat penghasil ikan yang besar, restoran, dan berbagai tempat wisata air lainnya. Selanjutnya desa juga akan memiliki museum perikanan dan terumbu karang buatan untuk meningkatkan kesadaran pengunjung terhadap lingkungan.

Water Challenge membawa dimensi baru dalam mempelajari pengelolaan air, karena tantangan ini menghubungkan para ahli di bidang pengairan Belanda dengan para siswa berbakat Indonesia, yang tentu saja memungkinkan kedua belah pihak saling belajar selama proses berlangsung, ujar Mervin Bakker, Direktur Nuffic Neso Indonesia, seperti diberitakan Kompas.com

Selain itu, Direktur Jendral Penataan Ruang Kementerian Pekejaan Umum Indonesia, Dr M Basoeki Hadimoeljono menekankan pentingnya mendengarkan suara para generasi penerus dan mendorong siswa untuk terus membantu pengelolaan air lebih baik di Indonesia.

Foto : solusinews.com