Berita Terpilih

Mahasiswa ini Olah Jagung Jadi Es Krim

Fri, 10/03/2014 - 18:42 -- nofrilawati

Kreatif memang tidak ada batasnya, seperti yang dilakukan oleh lima mahasiswa jurusan Teknologi Hasil Pertanian, Politeknik Gorontalo dengan meluncurkan produk es krim berbahan dasar jagung.

Tim yang beranggotakan Srizein Nuntulelo, Zikran Mbuti, Sri Nangsih Batalipu, Zein Antula dan Royzal Putra Kandow berinisiatif membuat olahan jagung karena bahan bakunya mudah diperoleh dan memberi pilihan kepada konsumen yang tidak bisa mengonsumsi susu sapi.

Selain itu, bahan bakunya murah, bergizi dan rasanya cocok untuk es krim. Kami memilih jagung manis karena lebih cocok dibanding jenis lainnya, kata Zein Antula, dikutip dari Antara News.

Proses pembuatannya diawali dengan merebus jagung, setelah matang jagung dipisah dari tongkolnya dan diblender bersama air, kemudian disaring untuk memisahkan ampas jagung. Susu jagung yang dihasilkan dicampur dengan santan dan diaduk dengan mixer. Selanjutnya adonan dimasukkan ke wadah es krim dan didinginkan dalam lemari es.

Mereka berhasil memproduksi es krim jagung dalam skala kecil dan dipasarkan di dalam dan luar kampus, dan mampu meraup keuntungan sebesar 30 persen dari hasil penjualan. Selain itu, Es krim ini sehat dan aman bagi segala jenis usia karena tidak menggunakan gula maupun pewarna.

Kami ingin memproduksi dalam skala besar atau membagi resep ini kepada warga, untuk mendorong pertumbuhan usaha kecil dan menengah di Gorontalo, ujar Zikran.

Foto : ini77.blogspot.com