Berita Terpilih

Mahasiswa Ini Ciptakan Tinta Dari Daun Kering

Tue, 08/04/2015 - 17:50 -- nofrilawati

Daun keringpun bisa diolah jadi tinta yang ramah lingkungan. Tinta inovasi Mochammad Wahyu Muharyanto dan Regina Yolanda, mahasiswa jurusan Teknik Kimia, Universitas Brawijaya Malang ini diberi nama "Eco Ink".

Cara dan proses pembuatannya cukup simpel dan semua kami kerjakan di Laboratorium Sains Teknik Kimia di kampus, kata Yolanda, dikutip dari Antara News.

Inovasi tinta dari daun kering atau daun taman dengan ukuran medium yang dikarbonisasi atau di bakar tanpa oksigen untuk menghasilkan bubuk tinta. Selulosa dalam daun yang menjadi karbon merupakan bahan dasar yang digunakan sebagai tinta. Inovasi ini, untuk memperoleh bahan ramah lingkungan, ungkapnya.

Kami memakai alat karbonisator untuk mengubah 20 gram dedaunan kering menjadi enam gram bubuk karbon sebagai bahan baku tinta. Prosesnya butuh waktu dua jam untuk mendapat bubuk karbonnya, kemudian karbon itu kami campur dengan aquades, resin, etanol sama propilen glicol, jelasnya.

Menurut dia, tinta yang dibuat terdiri dari dua macam, yakni tinta untuk kertas dan bisa dipakai untuk printer serta jenis lainnya merupakan tinta yang lebih pekat dan bisa dipakai untuk media plastik.

Kelebihan tinta yang dibuat kedua mahasiswa tersebut adalah, selain ramah lingkungan untuk di daur ulang, juga tidak luntur meskipun terkena air. Namun, untuk saat ini tinta tersebut masih terus dimodifikasi agar bisa menyerupai tekstur tinta printer.

Foto : ridacoprinting.com