Berita Terpilih

Mahasiswa IBI Darmajaya Lampung Ciptakan Sistem Pendeteksi Dini Kebakaran

Wed, 02/19/2014 - 19:35 -- nofrilawati

Mahasiswa jurusan Sistem Komputer, Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Darmajaya Lampung berhasil menciptakan sistem pendeteksi dini kebakaran.

Dikutip dari Antara News, Agus mengatakan kebakaran sering kali terjadi di daerah ini, dan sangat sulit terdeteksi sejak dini. Kebakaran baru diketahui setelah api membesar, padahal musibah kebakaran akan cepat menjalar apabila tidak segera ditanggulangi secara cepat dan tepat.

Sistem ini dirancang dengan penanggulangan khusus dan pengiriman informasi melalui pesan pendek (SMS) dan panggilan berbasis mikrokontroler, untuk menciptakan sistem keamanan khususnya bahaya kebakaran pada bangunan (gedung, pertokoan maupun rumah). Selama ini penanganan konvensional yang dilakukan kurang efektif untuk mengatasi kebakaran. Karena itu diperlukan alat otomatis dengan sistem penanganan khusus untuk meminimalkan bahaya yang ditimbulkan dari musibah tersebut, ujarnya.

Dengan alat tersebut pendeteksian adanya kebakaran menjadi lebih mudah, sehingga dapat meminimalkan kerugian yang ditimbulkan. Agus berharap karyanya tersebut bisa menjadi solusi dalam menangani bahaya kebakaran yang selama ini kerap menimbulkan korban jiwa dan kerugian harta benda.

Foto : lintasfakta.com